Berbagi informasi tentang Information technology (IT) ,Android, Tentang kesehatan dan berita tentang islam

Hikmah Silaturahmi

Hikmah Silahturahmi, Rasullah saw bersabda ," Siapa yang senang di perluas rezekinya dan di perpanjang umurnya maka hendaklah ia bersilahturahmi,"



Dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) kata silahturahmi yang di nilai sama dengan silahturahmi di artikan dengan persahabatan (persaudaraan). Sedangkan kata silahturahmi merupakan kata majemuk yang terdiri dari kata shilah dan ar-rahim . kata shilah adalah masdar (inifinitif) dari kata washala yang artinya menghimpun atau menyambung sesuatu dengan sesuatu yang lain.
kata " rahmat" , " rahman " . " arham" dan sebagainya mempunyai akar kata yang sama yaitu " rahim" yang oleh sebagian besar pakar bahasa arab di artikan dengan peranakan . yaitu suatu tempat yang kuat dan penuh dengan kasih sayang. menyambung silahturahmi berarti  menyambung kasih sayang antara manusia .
Namun , mantan mulfi mesir ,almarhum Syekh Hasanain Makhuf,  mengartikan kata ar-rahim dengan rahmat atau kasih sayang . kedua pengertian ini sebernarnya tidak bertentangan ,sebab sesuatu yang tidak di rahmati dan dikasihi mahkluk adalah apa yang keluar dari rahim ( peranakan) Oleh karena itu , peranakan dikatakan rahim yakni sumber rasa kasih sayang.
Menurut pakar bahasa Ibnu Faris (395 H) Semua kata yang terdiri dari huruf-huruf RA.HA dan MIM mengandung kata "kelemahlembutan, kasih sayang dan kehalusan" Hubungan silahturahmi adalah hubungan kasih sayang.

Pakar al-qur'an dan hukum islam , Imam Al-Qurthubiy , Lebih memperluas jangkuan makna . ar-rahim . Menurut nya , makna kata  ar-rahim ., menurutnya , makna ar-rahim ada dua macam: umum dan khusus . Makna ar-rahim yang bersifat umum adalah kedekatan yang di jalin oleh persamaan Agama.  Sedangkan yang kusus adalah kedekatan yang di jalin oleh persamaan garis keturunan , silahturahmi dengan makna yang pertama mengandung hubungan kasih sayang , nasihat-menasihati , kunjung-mengunjungi, berlaku adil , dan melaksanakan kewajiban , serta anjuran agama terhadap mereka. Adapun silahturahim , dengan makna yang khusus , maka ia menuntut pemberian bantuan atau nafkah ketika di butuhkan , juga memperhatikan suka duka mereka , serta memaafkan keselahan mereka .
 Menurut Quraish shihab , silahturahmi menuntut adanya komunikasi dan jaringan dengan demikian , silahturahmi mengisyaratkan keharmonisan hubungan dan kekuatan nya. oleh karena itu , Rasullah Saw tidak menilai orang yang membalas kunjungan atau menyambut uluran tangan pihak lain sebagai melakukan silahturahmi, tetapi yang melakukannya adalah siapa yang menyambung hubungan yang putus .

Hikmah Silahturahmi itu tidak terbatas kepada manusia saja , tapi juga kepada dunia fauna dan flora . Hanya dengan setan kita Tidak boleh silahturahmi. Bahkan terhadap orang-orang muslim yang sudah wafatpun. Rasullah Saw tetap menyuruh kita untuk terus menjalin silahturahmi , yaitu dengan suatu yang paling di rahmati dan di kasihi makhluk adalah apa yang keluar dari rahim (peranakan )

menziarahi kuburannya mendoakannya dan atau berbuat baik kepada teman-teman dekat mereka yang masih hidup
Menurut KH Dr.jalauddin Rakhmat dalam memaknai kematian , ziarah kubur adalah cara kita untuk mendoakan orang-orang yang telah mendahului kita .
 Menurut penelitian yang diadakan di kota Kopenhagen , Denmark , Bahwa terhadap tanaman yang di santuni , di puji , di ajak bicara , di elus-elus , di rawat tumbuhannya lebih subur dan buahnya lebih lebat di bandingkan dengan tanaman yang di biarkan saja .

Di australia juga pernah di buktikan bahwa sapi yang diperah susunya dengan menggunakan tangan si peternak (di perah secara manual ) ternyata lebih banyak mengeluarkan air susu dibanding dengan sapi yang di perah dengan menggunakan mesin pemerah susu

Hal itu menunjukan betapa silahturahmi itu memiliki hikmah yang sangat besar . Tidak saja terhadap manusia , tetatpi juga bagi dunia lain. Karena itu perbanyaklah silahturami.
 (Sumber buku hidayah )

Demikian Artikel tentang Hikmah Silahturhami, Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. 

Related : Hikmah Silaturahmi

Artikel Terpopuler