Berbagi informasi tentang Information technology (IT) ,Android, Tentang kesehatan dan berita tentang islam

Tubuh , pikiran dan emosi pun amanah Allah

Tubuh, pikiran dan emosi pun amanah Allah, Bagaimana mengelola pikiran (mind) , perasaan (emotion), dan tubuh (body) yang merupakan amanah Allah dalam hidup manusia ?

Banyak  orang yang tidak punya kepastian dan tujuan hidup , hingga membiarkan hidupnya terpuruk dan tidak bermakna.Kemudian banyak pula orang yang tidak menyadari potensi dirinya luar biasa. Karena umumnya , manusia tidak menyadari bahwa dirinya diberi amanah , dan amanah yang terdekat dan paling berharga adalah dirinya sendiri. Namun , kebanyakan manusia tidak pernah mau tahu dan tidak pernah mau kenal dirinya sendiri, bahkan ia tidak mau tahu bagaimana caranya mendaya gunakan potensi dirinya yang luar biasa itu, apalagi memikirkan dari mana dirinya berasal dan akan kemana ia kembali
   Dengan mengingat dan merenungkan hakekat kejadian diri kita , maka perlahan -lahan kita akan mengenal Allah yang maha menciptakan.Dua manfaat yang kita peroleh dengan bermuhasabah adalah pertama ,kita menyadari dengan benar bahwa masing-masing diri kita yang ada sekarang ini. Pada mulanya belum ada sama sekali . Dan kedua , Kita dapat menemukan hakekat bagaimana Allah swt menciptakan diri kita dengan kekuasaann-Nya.
Manusisa pada hakekatnya merupakan suatu sistem yang terpadu dan terdiri  dari berbagai sub-sistem yang luas dan terus - menerus berinteraksi dengan sekitarnya .Pikiran(mind), perasaan (emotion), persepsi ,tingkah laku, medan magnet dan seluruh aktivitasnya memberi kontribusi pada energi tubuh (Body) dan pengalaman kesadaran kita . Bila sudah satu sistem mengalami gangguan , maka menyebabkan gangguan pada sistem lainnya .Dengan kata lain bila tejadi resistensi pada manusia tersebut , maka akan menyebabkan gangguan dalam medan energi manusinya.
 Oleh karena itu  , kita harus senantiasa menjaga agar sistem tubuh selalu harmoni, selaras dan seimbang. Kemudian harus senangtiasa belajar untuk meminimalisir ganggguan yang menyebabkan kesahatan alamiah kita ternggagu dengan cara mengelola pikiran(mind), tubuh (body), dan perasaan (emotion), sehingga perasaan resah, gelisah dan kesedihan dapat kita hindari. Bila kita dapat memahami hubungan antara dimensi -dimensi pikiran ,tubuh dan perasaan , maka kita akan menikmati jalan hidup yang sehat , lebih bahagia dan lebih kreatif
 Pikiran tubuh dan perasaan merupakan instrumen yang paling sering diakui dan paling di kenal oleh manusia , meskipun pada umumnya kita hanya  mengenal bagian luarnya saja . Ketiganya saling mempengaruhi tubuh dan pikiran , pikiran mempengaruhi tubuh dan pikiran , Oleh karenanya , kita akan menikmati jalan hidup yang lebih sehat , lebih bahagia dan lebih kreatif . Untuk itu , kita perlu mengetahui lebih jauh mengenai tubuh dan perasaan.

Mengenal Tubuh (Body)
  Tubuh  Manusia terdiri dari 100 triliun sel di lengkapi dengan satu triliun atau 1 % sel anti body atau sel - sel pertahanan atau biasa di sebut makrofag dan limposit .Sel-sel pertahanan ini di hasilkan oleh sumsum tulang dan limpa. Bila kita mengenali tubuh kita, maka kita akan memahami keseimbangan sistemnya, menghormati dan semakin terlibat dengan lebih positif. Sehingga bila suatu saat terserang penyakit , secara otomatis kita akan mempertahankan hal ini secara keseluruhan dari sistem tubuh , dan tidak memandang tubuh dan sistemnya secara terpisah.Sistem kekebalan manusia terdiri dari : pertama . komponen selular yakni sel imposit (sel B . sel -T , sel -NK, sel K)sel fagosit , sel gramilosit ( neutrofil , basofil, dan asidofil) kedua komponen humoral yakni antibody(Imono globulin -D, dan imono globulin -M, imono globulin -G, dan imono globulin -A). Kedua komponen ini mengingatkan diri pada sel-sel musuh (antigen) dan membusukan strukur biologi antigen tersebut , sekaligus menghancurkannya.
 Sistem pengendali tubuh yang pertama berkomunikasi dalam tubuh dilakukan oleh syaraf , sekaligus membawa pesan dengan alat gerak hati elektrokimia dan otak sebagai alat komandonya , sedangkan yang kedua adalah satu seri kelenjar endokrin(kelenjar tanpa pembuluh ),yang selalu mengirimkan pesan kimia dalam bentuk hormon yang di bawa ke dalam aliran darah maka dari itu kelenjar ini di sebut sebagai penghubung antara tubuh dan emosi dengan cara mengeluarkan cairan hormon ke dalam cairan darah. Kemudian yang menjadi koordiantor utama dari segi kegiatan syaraf dan sistem endokrin,Serta sekaligus yang menjadi perantara antara tubuh dan otak adalah kelenjar Hipotalamus.Komunikasi yang di lakukan antara hitotalamus dengan pituitary untuk mengeluarkan rangkaian hormon yang memiliki efek pada seluruh fungsi tubuh , seperti merangsang gerekan usus , menggiatkan jalan darah, dan mengontrol suhu tubuh , oleh karena itu , kelenjar pituitary dikatakan sebagai kelenjar utama yang berfungsi sebagai pemancar bagi gerak hati yang muncul pada hipotalamus .
  Kemudian kelenjar yang ada di belakang dan di atas hipotalamus adalah kelenjar pineal yang sangat sensitif terhadap cahaya dan mengeluarkan " hormon melatorin dan serotonin " yang tidak hanya mempengaruhi organ-organ tubuh , tetapi juga situasi pikiran . Kelenjar ini terletak di tengah-tengah otak dan dekat dengan tempat cahaya spiritual memasuki tubuh pada tingkat yang sangat luas , Kelenjar Tiroid/Paratiroid , kelenjar Thymus , kelenjar Adrenal , pankreas dan Gonod .

Pikiran (mind)
 Otak manusia merupakan organ tubuh yang paling kompleks , di mana ia memproduksi pikiran sadar yang sangar menajubkan , baik kesadaran akan diri maupun kesadaran akan lingkungan . Kemudian otak juga menghasilkan dan menstruktursasi pikiran kita, sehingga memungkinkan kita memiliki perasaan spiritual , kesadaran akan makna , nilai dan konteks yang sesuai untuk memahami pengalaman.

Perasaan (Emotion)
  Emosi adalah sumber energi, pengaruh dan informasi yang bersifat batiniah , mengelola emosi diri dan orang lain. Mengelola emosi berarti pula kemampuan untuk menempatkan diri di atas emosi kita , baik emosi positif , maupun emosi negatif, Sehingga keduanya tidak menjadi kelebihan dan tidak terkendali.Adapun bagian otak kita yang berhubungan dengan proses terjadinya emosi adalah Amydala yang merupakan bagian dari sistem limbic . Amygdala inilah yang berperan sebagai tempat penyimpanan memori emosional.
   Pada umumnya yang menjadi faktor utama penyebab masalah adalah : 
1] Minimnya rasa cinta/kasih sayang 
2]kurang nya penerimaan diri
3]minimnya pemahaman akan diri secara utuh
Ketiga faktor ini mengakibatkan manusia tidak percaya diri, kawatir yang yang berkepanjangan , depresi mental , emosional/temperemental ,berpilaku resiko tinggi , menurunnua stamina tubuh dan putus asa . Untuk mengantisipasi hal ini ada beberapa teknik untuk mengelola emosi yaitu : Timbulnya rasa humor, mengarahkan energi yang muncul diarahkan untuk menyelesaikan pekerjaan lain, mengalihkan tekanan energi ke kegiaran lain, misalnya relaksasi , zikir, atau olah raga , mengakui dan merasakan emosi , menghayati pesan dan maknanya , tanggapi dengan positif dan tindakan yang sesuai.
  Dalam aktivitas sehari-hari kadangkala kita lupa dengan priorutas diri , di mana sasaran pribadi kita tertelan atau di kalahkan oleh kesibukan pekerjaan kantor pribadi .Untuk itu, kita perlu mengetahui kedaan energi manusia yang utama. Menurut Prof . Robert E.Thayer  dari california state university , Long beach di kemukakan empat keadaan energi manusia yang paling utama yaitu :
   Tanse Energy : Keadaan di mana massa stres tinggi tetapi energi juga tinggi . Pada keadaan ini suasana hati cenderung bersemangat sehingga melupakan istirahat.
   Tanse Tiredness : suatu Keadaaan dimana stres tinggi tetapi energi rendah . Pada kondisi ini di cirikan dengan perasaan lelah yang menyeluruh dan sulit melepaskannya dari stres .
    Calm energy  : Keadaan dimana stres rendah tetapi energi tinggi , Pada kondisi ini suasana hati terasa tenteram , damai, dapat dikendalikan.
   Calm Tiredness : Keadaan dimana stres rendah tetapi energi juga rendah. Pada kondisi ini dicirikan dengan rasa pasrah dan bebas.

Kita harus mengelola dua dari empat keadaan yang di atas, yaitu Tense Energy dan Tense Tiredness , Karena bila kita berkepanjangan pada kondisi ini maka kecerdasan emosional akan menjadi korban masalah atau kesulitan yang muncul dalam kehidupan kita . Adapun dua keadaan lain nya yaitu Calm Energy dan calm Tiredness menjadi keadaan yang baik untuk kita pertahankan karena sangat berpengaruh terhadap tubuh , suasana hati dan pikiran. Jadi kedua keadaan ini tidak sama dengan ketegangan kreatif , yaitu memuncaknya  energi yang kita rasakan ketika terlibat dalam pekerjaan .
  Marilah kita renungkan ketiga amanah yang di berikan Allah Swt  ini sebagai mana yang paling dekat dengan diri kita .   Semuanya wajib kita jaga dan kita syukuri nikmat-Nya. Sedikanlah waktu sejenak untuk merenungkan hakekat ciptaan Allah Swt yang ada pada diri kita , Sehingga dapat mensyukuri dan menjaga anggota tubuh kita ini dengan sebaik-baiknya .

     Semoga kita dimasukan ke dalam golongan hamba yang pandai bersyukur dan mengabdi kedapa Allah Swt yang menciptkan kita.  WALLAHU'ALAM BILSHAWAB .
(Sumber buku hidayah)

 Baca Juga :
 Istri  Solehah 
 Hikmah Silahturahmi
  

Related : Tubuh , pikiran dan emosi pun amanah Allah

Artikel Terpopuler